Tips Atur Keuangan Menjelang Gajian dan THR Agar Tidak Konsumtif

Promo Sour Sally
Promo Ramadan SOUR SALLY, 2 Large Black Sakura only 100K*
May 20, 2018
Promo AirAsia Kursi Gratis
Promo AirAsia BIG SALE! Dapatkan KURSI GRATIS Terbang ke Destinasi Favorit
May 21, 2018

Tips Atur Keuangan Menjelang Gajian dan THR Agar Tidak Konsumtif

Tips Atur Keuangan

Payday+THR is coming! Sudah ada rencana belanja kebutuhan hari Raya? Nah, kali ini kita akan share biar kamu bisa lebih hemat dan terlepas dari kebiasaan konsumtif. Memang apa sih maksudnya? Jadi, kebiasaan konsumtif mengarah pada kebiasaan untuk mengonsumsi / membeli barang-barang secara berlebihan tanpa keharusan atau kebutuhan secara khusus. Kebiasaan satu ini memang membawa banyak dampak buruknya ketimbang positifnya. Dengan tawaran menarik dari berbagai produk dan layanan yang ada, tak heran kebiasaan konsumtif makin menjamur di masyarakat dan tak terlepas dari millennials, bener gak?

Ikuti 4 Tips Atur Keuangan berikut dan kamu bisa mengurangi kebiasaan konsumtif nih!

1. Less Window Shopping

Window Shopping
Window shopping alias ‘cuci mata’ pasti bukan lagi hal baru. Kebiasaan ini kadang kamu lakukan untuk melepas kepenatan, khususnya kaum wanita, doyan banget nih buat window shopping alias survey barang belanja yang nanti akan dibeli. Bukan berarti kamu dilarang buat sekedar jalan-jalan ke mall lho, tapi terbukti bahwa aktivitas satu ini bisa sangat tempting buat belanja barang yang gak terlalu dibutuhkan. Dari mata turun ke dompet, iya gak? Jadi dikurang-kurangi aja yah biar gak tergoda buat belanja dan alternatifkan dengan kegiatan positif lainnya. Apalagi menjelang hari Raya begini, info diskon dan promo bertebaran di mana-mana! There is no such thing as window shopping only!

2. Less Swipe, Swipe, Swipe
Punya banyak kartu bank di dompet kamu? Hati-hati, semakin banyak kartu yang kamu miliki, semakin besar pula kemungkinan kamu punya kebiasaan yang konsumtif lho. Karena sering jatuh dari tawaran ‘menarik’ dari bank A sampe bank Z yang ngasih promo atau diskon khusus dengan kartu tersebut. Selain itu, melakukan pembayaran dengan kartu kadang bisa membuat kamu lupa seberapa banyak uang yang sudah habis dibelanjakan. Gak mau dong, tiba-tiba dapet tagihan yang bikin mata melotot dan kantong jebol di akhir bulan nanti? :’)

3. Change is A Must!

Belanja Online
Untuk mengurangi kebiasaan konsumtif, kamu kudu mau merubah kebiasaan-kebiasaan khusus, seperti yang sudah diutarakan di atas mengenai window shopping. Nah, jalan-jalan ke mall bukan satu-satunya sarana belanja, bukan? Di zaman yang serba modern dan instan ini, cuci mata juga bisa dari layar kaca handphone.

Sering buka media sosial untuk sekedar cari olshop yang diendorse sama selebgram favorit kamu atau sering browsing e-commerce yang bertabur diskon, pas makan lagi lunch break atau pas sebelum tidur? Dikurangin yuk, kegiatan yang begini nih yang biasanya berujung pada online purchase atas dasar lagi ‘kepengen’.

4. Budget Planning, Now!

Tips Atur Keuangan
Biar pengeluaran kamu gak bablas karena kebiasaan konsumtif, mulai untuk merencanakan keuangan kamu pribadi. Kamu boleh pilih sendiri senyamannya kamu untuk budgeting per hari, minggu, atau bulan. Selain banyaknya budget planner yang bisa kamu download dari handphone kamu, kamu juga bisa buat budget planning manual dengan agenda khusus catatan keuangan kamu, kok! Tuliskan pengeluaran kamu per hari untuk track down pengeluaran apa yang sebenarnya tidak terlalu mendesak plus buat ngingetin kamu pada planning budget awal kamu. Write down each of everything and you will eliminate the unnecessary spending!

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 1 =